ICHA'S WORLD

welcome to icha's blog :)

Tugas Metode Riset 5

pada 22 Oktober 2011

BAB 3

Metodologi Penelitian

3.1 Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kolerasional, yaitu metode yang berusaha meneliti sejauh mana variasi pada suatu variable berhubungan dengan variasi-variasi pada variabel lain (Rakhmat, 2008:27).

Hubungan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hubungan linier yaitu hubungan timbal balik antara kedua variable tersebut. Selain itu, metode kolerasional juga digunakan untuk mengukur hubungan diantara berbagai variable, untuk meramalkan variabel tak bebas, dan untuk meratakan jalan untuk membuat rancangan penelitian eksperimental (Rakhmat, 2008:31).

3.2 Data dan Variabel

3.2.1 Data

Data dikumpulkan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang terdiri dari pernyataan mengenai karakteristik responden dan pertanyaan tentang variabel yang diteliti. Pertanyaan disajikan dalam bentuk pernyataan terbuka serta pernyataan dan skala untuk menyatakan respon. Pernyataan yang ada dalam daftar pertanyaan berkaitan dengan penilaian mengenai pengaruh positif penayangan iklan terhadap keputusan pembelian di Universitas Gunadarma.

3.2.2 Variabel

  1. Iklan (X) Sebagai Variabel Bebas

Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pembuat iklan

  1. Keputusan Pembelian (Y) Sebagai Variabel Terikat

Keputusan pembelian merupakan saat konsumen membeli suatu produk

3.2.3 Pengukuran Variabel

Pengukuran Variabel dilakukan dengan mengukur variabel iklan, dan variabel keputusan pembelian dengan menggunakan skala likert (Umar, 2000: 137) yaitu pengolahan data untuk menghitung masing-masing indikator,.

3.3 Alat Analisis

3.3.1 Tehnik Analisis Data

Analisis data adalah proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan dipresentasikan (Singarimbun, 1995:263). Data yang diperoleh dari hasil penelitian akan dianalisi dalam beberapa tahap analisa, yaitu:

1. Analisa Tabel Tunggal

Merupakan suatu analisis yang dilakukan dengan membagi-bagikan variabel penelitian ke dalam kategori-kategori yang dilakukan atas dasar frekuensi. Tabel tunggal merupakan langkah awal dalam menganalisa data yang terdiri dari kolom, sejumlah frekuensi dan presentase untuk setiap kategori. (Singarimbun, 1995:266).

2. Analisa Tabel Silang

Merupakan analisa yang digunakan untuk mengetahui variable yang satu memiliki hubungan dengan variable lainnya. Sehingga dapat diketahui apakah variable tersebut bernilai positif atau negatif (Singarimbun, 1995:273)

3. Uji Hipotesis

Adalah pengujian data statistik untuk mengetahui data hipotesa yang diajukan dapat diterima atau ditolak. Untuk menguji tingkat hubungan antara kedua variabel yang dikorelasikan dalam penelitian digunakan Koefisien Korelasi Tata Jenjang (Rank Order Correlation Coeficient) oleh Spearman. Spearman Rho Coeficient menunjukkan hubungan antara variable X dan Y yang tidak diketahui sebaran datanya. Koefisien korelasi non parameteril ini digunakan untuk menghitung dua variable dimana data dibuat dalam ranking dari ranking terkecil sampai ranking terbesar.

3.4 Cara Pengambilan Data dan Sumber Data

Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode survey yaitu menggunakan kuesioner yang berisi butir-butir pengukur konstruk atau variabel yang digunakan dalam model penelitian. Penyebaran dan pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan meminta kesediaan responden untuk mengisi kuesioner.

Tehnik Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara :

1. Wawancara (interview) kepada pihak – pihak yang berhak atau berwenang

untuk memberikan informasi dan keterangan yang sesuai dengan kebutuhan

penelitian.

2. Daftar Pertanyaan (quisionare) yang diberikan kepada konsumen yang menjadi responden dalam penelitian ini.

3. Studi Dokumentasi dengan mengumpulkan dan mempelajari data – data yang

mendukung penelitian

3.5 Tahapan Penelitian

3.5.1 Tahap Awal

Pada tahap awal penulis meminta izin untuk mengadakan penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk menghimpun sejumlah data dari mahasiswa yang ada secara mendalam

3.5.2 Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner ini disebarkan kepada sampel sebanyak 96 orang.

3.5.3 Tekhnik Pengolahan Data

Pengolahan data dilakukan setelah peneliti berhasil mengumpulkan data dari 96 responden, kemudian data diolah dengan tahap-tahap sebagai berikut :

1. Penomoran Kuesioner : Kuesioner yang telah dikumpulkan diberi nomor urut sebagai pengenal (01-96)

2. Editing : Peneliti mengedit jawaban responden untuk memperjelas setiap jawaban yang meragukan dan menghindari terjadinya kesilapan pengisian data dalam kode yang disediakan.

3. Coding : Peneliti memindahkan jawaban-jawaban responden ke dalam kotak-kotak kode yang telah disediakan di kuesioner dalam bentuk angka (skor).

4. Inventarisasi Variabel-variabel : Data mentah yang diperoleh dimasukkan ke dalam lembar FC (Fotron Control) sehingga memuat seluruh data dalam satu kesatuan.

5. Tabulasi Data : pada tahap ini data dari FC dimasukkan ke dalam tabel. Tabulasi ini terbagi atas tabulasi tunggal dan tabulasi silang. Selebaran data dalam tabel secara rinci meliputi kategori frekuensi, persentase, dan selanjutnya dianalisa.

6. Pengujian Hipotesa : Dalam penelitian ini digunakan Rumus Spearman. Untuk menguji signifikansi digunakan rumus ttest dan untuk mengukur tinggi rendahnya korelasi digunakan skala Guilford.

 

3.6 Populasi dan Sampel

a. Populasi

Populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang dapat terdiri dari manusia, benda- benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, gejala-gejala, nilai test peristiwa-peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu di dalam suatu penelitian ( Nawawi, 2003:141)

Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen angkatan 2009. Jumlah mahasiswa di Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen angkatan 2009 mencapai 546 mahasiswa , yang terbagi dalam 13 kelas di depok, kalimalang, dan salemba

b. Sampel

Secara sederhana sampel diartikan sebagai bagian dari populasi yang menjadi sumber data sebenarnya dalam suatu penelitian, atau juga bisa diartikan sebagai sebagian dari populasi untuk mewakili seluruh populasi. Menurut Nawawi (1995 : 44) sampel adalah sebagian yang diambil dari populasi dengan menggunakan cara-cara tertentu.

Berdasarkan data populasi yang ada, maka untuk menghitung dan menentukan ukuran sampel dari populasi, maka peneliti menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90% (Rakhmat, 2008:82). Adapun rumus tersebut adalah :

n = N/N (d)2+1

n = 546/546(0,1)2+1

n = 546/5.46+1

n = 546/6.46

n = 84.52 atau 85 Mahasiswa

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: