ICHA'S WORLD

welcome to icha's blog :)

Tugas Metode Riset 3

pada 15 Oktober 2011

Khoirunnisa Diah Parwitasari

3EA01/14209187

Tema               : Pengaruh Media Iklan

Judul                :“Pengaruh Penayangan Iklan simPATI Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma”

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

 

Dewasa ini munculnya produk dan jasa untuk komunikasi sedang marak , yaitu telepon genggam dan perusahaan operator yang mengendalikannya. Pengguna jasa telekomunikasi pada saat ini tidak saja dikalangan pengusaha atau bisnis, tetapi sudah suatu kebutuhan di semua kalangan. Produk ini mempunyai manfaat untuk menghubungkan orang secara praktis tanpa harus mencari telepon umum atau warung telkom (wartel). Dengan munculnya perusahaan operator- operator GSM, maka dirasakan dunia telekomunikasi ini semakin mempunyai prospek masa depan yang baik, maka timbul persaingan diantara perusahaan yang masing-masing ingin merebut pangsa pasar yang ada.

Di masa persaingan memperebutkan pangsa pasar yang sangat ketat seperti sekarang ini, kita tidak hanya bisa mengandalkan kepada produk yang berkualitas, harga yang bersaing dan jumlah outlet yang banyak. Tetapi didukung juga oleh upaya-upaya dalam mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan. Salah satu alat yang digunakan dalam promosi adalah advertising atau periklanan.

Periklanan diharapkan dapat meningkatkan penawaran produk dan pembelian yang sedang lesu. Dengan melihat pentingnya suatu iklan maka sudah selayaknya perusahaan perlu mempertimbangkan suatu konsep iklan yang benar- benar berkualitas baik, sehingga dapat menunjang suatu keberhasilan perusahaan dalam menggelindingkan roda usahanya. Persaingan diantara produsen yang mengiklankan produk atau jasa mereka dengan menggunakan media advertising tidak  hanya  bermanfaat  untuk  mengingatkan  dan  mendorong  para  konsumen untuk membeli sebuah produk atau jasa, tetapi kini dapat digunakan sebagai ciri khas yang dapat membedakan antara satu produsen dengan produsen lainnya. Dengan demikian dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sehingga dapat menarik konsumen lebih banyak dan penjualan pun akan meningkat. Efek promosi hanya sesaat, sehingga perlu ditinjau kembali untuk menanamkan pilihan produk untuk jangka panjang.

Demikian pula dengan PT. Telkomsel yang merupakan salah satu operator seluler di Indonesia. Penayangan iklan simPATI oleh Telkomsel yang menggunakan media televisi sebagai media penyampaian pesan dapat kita lihat setiap hari di berbagai stasiun televisi nasional. Pada iklan simPATI  kita dapat melihat beberapa atribut disajikan dengan menarik. Diantaranya menggunakan bahasa dan narasi yang ringan dan mudah dimengerti, selebrity endorser, logo dan warna yang menarik, gaya iklan yang menarik, ceria, modern, dan bervariasi serta motto iklan yang mudah diingat. Pesan (message) iklan yang terkandung dalam cerita iklan dikemas dengan ringan dan sederhana sehingga mudah dicerna dan dapat dimengerti oleh pemirsa televisi. Dengan penyampaian yang sedemikian rupa, pemirsa diharapkan tertarik untuk melihat iklan dan melakukan keputusan pembelian atas produk simPATI .

Berdasarkan alasan-alasan tersebut penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Penayangan Iklan simPATI Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma”

 

 

Masalah          :

 

Berdasarkan uraian di atas, maka masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah penayangan iklan simPATI di televisi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Universitas Gunadarma?”

 

Tujuan             :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah penayangan iklan simpati di televisi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa Universitas Gunadarma.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: