ICHA'S WORLD

welcome to icha's blog :)

Tugas Metode Riset 1

pada 23 September 2011

Analisis Jurnal 1

Judul                     : ANALISIS PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN       MEMBELI AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA PADA MASYARAKAT KOTA PALEMBANG

Tahun                   : 2011

Tema                     : Pengaruh Media Iklan

Latar Belakang Masalah :

Periklanan adalah segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. (Kotler, 2000:658). Iklan hanyalah salah satu contoh untuk mengenalkan produk atau jasa yang ingin dipasarkan kepada pasar sasaran.

Iklan sangatlah dibutuhkan untuk memperkenalkan produk yang kita buat kepada konsumen.Salah satu perusahaan air minum pertama di Indonesia yaitu PT. AQUA Golden Mississipi melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Dalam hal pengambilan keputusan membeli air minum dalam kemasan sangat banyak faktor yang mempengaruhi konsumen, baik itu selera, pendapatan, gaya hidup atau bahkan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Promosi merupakan suatu hal yang penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menarik perhatian, menimbulkan interest, menimbulkan minat untuk membeli dan akhirnya adanya tindakan dari konsumen. PT Aqua Golden Mississippi melakukan promosi baik dari segi periklanan maupun dari aspek-aspek lainnya seperti Corporate Social Responbility (CSR) yang mampu membangun kredibilitas perusahaan tersebut. Periklanan yang dilakukanpun mencakup pada setiap media baik media cetak atau media elektronik. Strategi promosi yang diterapkan oleh PT Aqua Golden Mississippi tidak hanya berhasil dalam membangun kesadaran mereknya namun juga telah memperkuat Aqua sebagai industri air minum dalam kemasan yang besar di Indonesia.

Masalah               :

1. Seberapa besar pengaruh media iklan terhadap pengambilan keputusan membeli air minum dalam kemasan Aqua?

2. Program periklanan yang mana yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen membeli air minum dalam kemasan Aqua?

Tujuan Penelitian             :

Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media iklan terhadap pembelian air minum kemasan merk Aqua di Palembang

Analisis Jurnal 2

Judul                     : Pengaruh Periklanan Terhadap Volume Penjualan Kartu Perdana Mentari di PT. Indosat                      Bandung

Tahun                   : 2011

Tema                     : Pengaruh Media Iklan

Latar Belakang Masalah :

Dalam era teknologi yang semakin maju, ilmu pengetahuan tidak luput dari berkembangnya ilmu pengetahuan yang pada saat ini secara langsung mengakibatkan teknologi pun ikut berkembang. Hal itu terbukti dengan munculnya alat-alat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang lebih modern, sehingga produk yang diciptakan disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, dan tuntutan yang terus berubah dan maju ke arah yang lebih praktis, efisien dan efektif.

Dewasa ini munculnya produk dan jasa untuk komunikasi sedang marak , yaitu telepon genggam dan perusahaan operator yang mengendalikannya. Pengguna jasa telekomunikasi pada saat ini tidak saja dikalangan pengusaha atau bisnis, tetapi sudah suatu kebutuhan di semua kalangan. Produk ini mempunyai manfaat untuk menghubungi orang secara praktis tanpa harus mencari telepon umum atau warung telkom (wartel). Dengan munculnya perusahaan operator- operator GSM, maka dirasakan dunia telekomunikasi ini semakin mempunyai prospek masa depan yang baik, maka timbul persaingan diantara perusahaan yang masing-masing ingin merebut pangsa pasar yang ada.

Di masa persaingan memperebutkan pangsa pasar yang sangat ketat seperti sekarang ini, kita tidak hanya bisa mengandalkan kepada produk yang berkualitas, harga yang bersaing dan jumlah outlet yang banyak. Tetapi didukung juga oleh upaya-upaya dalam mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan. Salah satu alat yang digunakan dalam promosi adalah advertising atau periklanan.

Periklanan diharapkan dapat meningkatkan penawaran produk dan pembelian yang sedang lesu. Dengan melihat pentingnya suatu iklan maka sudah selayaknya perusahaan perlu mempertimbangkan suatu konsep iklan yang benar- benar berkualitas baik, sehingga dapat menunjang suatu keberhasilan perusahaan dalam menggelindingkan roda usahanya. Persaingan diantara produsen yang mengiklankan produk atau jasa mereka dengan menggunakan media advertising tidak  hanya  bermanfaat  untuk  mengingatkan  dan  mendorong  para  konsumen untuk membeli sebuah produk atau jasa, tetapi kini dapat digunakan sebagai ciri khas yang dapat membedakan antara satu produsen dengan produsen lainnya. Dengan demikian dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sehingga dapat menarik konsumenlebih banyak dan penjualan pun akan meningkat. Efek promosi hanya sesaat, sehingga perlu ditinjau kembali untuk menanamkan pilihan produk untuk jangka panjang.

Demikian pula dengan PT. Indosat yang merupakan salah satu operator seluler di Indonesia. Sebagai perusahaan jasa, PT. Indosat mempunyai misi untuk menyediakan layanan telekomunikasi seluler yang terunggul. Jaringan seluler terbaik, yaitu: Mentari, Indosat M3 dan Matrik. ketiganya mempunyai keunggulan dengan kualitas dan kejernihan suara yang sama, khas Indosat.

Dalam menjalankan usahanya, PT. Indosat dihadapkan pada banyaknya perusahaan  sejenis  yang  menghasilkan  produk  yang  sama.  Oleh  karena  itu, PT. Indosat berusaha untuk melakukan kegiatan advertising sebagai salah satu cara mengkomunikasikan produknya kepada konsumen dengan sebaik-baiknya. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan konsumen memperoleh informasi terbaru dari perusahaan.

Dengan melakukan periklanan yang unik dan khas, diharapkan volume penjualan akan produk SIMcard dari Indosat akan meningkat sehingga mendorong mereka untuk membeli dan menggunakan SIMcard dari PT. Indosat. Dengan demikian jumlah pemakai SIMcard tersebut juga meningkat.

Masalah               :

  1. Bagaimana kegiatan periklanan yang dilaksanakan oleh PT Indosat?
  2. Metode penetapan anggaran periklanan apa yang digunakan PT Indosat?
  3. Seberapa besar pengaruh periklanan dalam upaya meningkatkan volume penjualan Kartu Perdana Mentari pada PT Indosat?

Tujuan Penelitian             :

Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media periklanan dalam hal kenaikan jumlah volume penjualan kartu perdana mentari di kota Bandung

Analisis Jurnal 3

Judul                     : ANALISIS PENGARUH IKLAN PEMUTIH WAJAH POND’S WHITE BEAUTY MELALUI MEDIA CETAK DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN 

Tahun                   : 2011

Tema                     : Pengaruh Media Iklan

Latar Belakang Masalah :

Seiring perkembangan dunia yang pesat, perkembangan kondisi pasar sekarang ini telah membawa pengaruh terhadap strategi yang harus diterapkan oleh perusahaan dalam menawarkan dan memasarkan produk mereka.

Bergulirnya waktu ke waktu konsumen semakin well-informed, di mana segala produk yang diinginkan dapat diketahui dengan cepat melalui informasi yang tersedia. Oleh sebab itu, perusahaan harus pintar dalam memilih cara yang tepat untuk meginformasikan produk perusahaannya.

Untuk mencapai sasaran dalam suatu usaha pemasaran selalu membutuhkan alat dalam penyampaian informasi kepada konsumennya, salah satunya adalah dengan cara mengeluarkan iklan tentang produk suatu perusahaan yang menarik bagi konsumen, yang pada akhirnya konsumen juga akan tertarik untuk menggunakan produk yang diiklankan. Penyampaian iklan akan membantu dalam mengenalkan produk kepada konsumen, iklan mempunyai peranan penting dalam menancapkan merek suatu produk ke pikiran konsumen.

Pola hidup masyarakat modern sangat tergantung oleh keadaan dunia luar, baik dari segi pola pikir, sikap maupun tingkah laku yang berkembang di dunia luar akan cepat diamati kemudian diikuti. Segala sesuatu yang membuat seseorang tampil lebih menarik akan mendapat respon dari masyarakat secara cepat. Kosmetik sebagai salah satu alat untuk mempercantik diri menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan oleh seseorang yang ingin tampil lebih menarik. Pada umumnya masyarakat luas beranggapan bahwa dengan memiliki kulit yang putih dan bersih akan nyaman, menarik dan memiliki nilai lebih.

Keadaan seperti ini merupakan suatu peluang bagi produsen produk kecantikan untuk mengeluarkan suatu produk yang sedang dibutuhkan oleh pasar tersebut. Promosi yang gencar dari perusahaan produk pemutih yang marak juga menyebabkan semakin kuatnya tingkat konsumerisme pada produk pemutih.

Strategi untuk lebih meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang suatu produk pemutih, maka perusahaan berusaha mengenalkan produknya dengan meluncurkan berbagai promosi yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk pemutih dari perusahaan tersebut, mengingat semakin banyaknya perusahaan kosmetik yang meluncurkan produk sejenis. Berbagai perusahaan bersaing dengan menggunakan berbagai media promosi untuk memasarkan produknya, seperti baliho, iklan televisi, iklan media cetak, sponsorship, dll.

Pond’s White Beauty sebagai salah satu produk pemutih wajah yang bersaing mencoba untuk terus exist di pasarnya. Untuk menghadapi persaingan antar perusahaan kosmetik yang meluncurkan produk sejenis dalam menarik minat konsumen tentu saja diperlukan promosi yang juga menarik bagi konsumen.

Selain menggunakan media televisi, salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan pemutih wajah Pond’s White Beauty adalah dengan mempromosikan produknya melalui berbagai media cetak yang diharapkan masyarakat luas akan lebih mengenal produknya. Selain itu, iklan di media cetak juga dimanfaatkan untuk mendongkrak citra dari perusahaan di mata masyarakat, selain menunjukkan sebagai perusahaan yang modern juga menjadi salah satu indikator bahwa perusahaan tersebut mampu bersaing di pasaran.

Masalah               :

1.  Apakah perusahaan pemutih wajah Pond’s White Beauty mempunyai strategi yang cepat dan tepat mencapai pasar sasaran?

2.  Apakah perusahaan pemutih wajah Pond’s White Beauty sudah mempromosikan produknya dengan maksimal?

3.  Apakah perusahaan pemutih wajah Pond’s White Beauty sudah melakukan promosi dan menawarkan atribut produk yang menarik bagi masyarakat?

Tujuan Penelitian :

Untuk mengetahui pengaruh iklan pemutih wajah pond’s white beauty melalui media cetak dan atribut produk terhadap perilaku konsumen.

Jurnal Baru

Tema                     : Pengaruh Media Iklan

Judul                     : Pengaruh Periklanan Terhadap Penjualan Teh Sariwangi

Latar Belakang Masalah :

Rata-rata orang Indonesia pasti pernah meminum teh . Baik teh dalam bentuk kemasan botol ataupun teh yang diseduh dengan air panas.  Begitu banyak merk teh yang dipasarkan di Indonesia. Mulai dari teh yang original sampai teh yang diberi aroma rasa yang lain untuk menarik minat konsumen.

Teh celup sariwangi yang telah diperkenalkan sejak tahun 1973 membuktikan bahwa ia tetap bisa bertahan meskipun banyak teh sejenis bermunculan.

Investasi komunikasi Unilever telah memberi SariWangi identitas sebagai merek teh celup Indonesia dengan citra aspiratif dan premium. SariWangi telah berhasil meremajakan pasar teh daun Indonesia yang mengalami kemerosotan. Segmen teh celup mengalami peningkatan pangsa pasar dalam 4 tahun terakhir khususnya karena dorongan konversi yang sangat agresif yang dilakukan oleh Sariwangi dari teh bungkus ke teh celup. Sejumlah kegiatan dilakukan untuk meningkatkan penggunaan Sariwangi dengan meningkatkan konsumsi melalui saat-saat bersama teh, resep, kampanye teh dan kesehatan, dan kegiatan lainnya.

Masalah               :

  1. Bagaimana kegiatan periklanan yang dilaksanakan oleh perusahaan teh celup sariwangi ?
  2. Seberapa besar pengaruh periklanan dalam upaya meningkatkan penjual teh celup sariwangi ?

Tujuan Penelitian             :

Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media iklan terhadap penjualan teh celup sariwangi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: