ICHA'S WORLD

welcome to icha's blog :)

Meminimalisir Risiko Kanker Payudara

pada 27 Desember 2010

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kanker payudara seringkali ditemukan mudah menyebar dan mematikan. Cegah dengan cara-cara berikut :

1. Pertahankan Berat Badan Ideal
Anda mungkin merasa tidak masalah dengan tubuh yang subur. Namun beberapa temuan menyatakan, penambahan berat badan dan BMI (body mass index) di atas angka 25 dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Terutama risiko terkena kanker payudara pasca menopause. sebaiknya, pikirkan untuk menjaga berat badan idela sejak dini. Kurangi makanan berindeks glikemik tinggi seperti makanan berbahan utama tepung terigu, beras putih, kentang putih, dan gula. Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat dan biji-bijian.
2. Kurangi Kebiasaan Buruk
Menghindari konsumsi alkohol dan merokok seringkali di anjurkan untuk menekan risiko kanker payudara. Hasil penelitian, mengonsumsi alkohol setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara hingga 20-25%. Begitu pula merokok.
Hentikan kebiasaan buruk ini sejak sekarang. Dan hindari lingkungan yang dapat membuat anada ikut merasakan dampak negatifnya.
3. Lebih Banyak Sayur, Kurangi Lemak
Mengonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan risioko kanker payudara. Upayakan mengganti sumber lemak dengan yang tak jeniuh seperti canola oil dan minyak zaitun. Perbanyak konsumsi makanan mengandung omega-3 seperti ikan-ikan laut.
Selain mengganti makanan sumber lemak, jangan lupa konsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Beberapa makan yang kerap dikaitkan untuk meminimalisir risiko kanker seperti brokoli, kubis, brussel, sayuran berhijau, wortel dan tomat.
4. Olah Raga
Lakukan olah raga secara rutin sekitar 5 kali seminggu selama 30 menit tiap periode. anda bisa melakukan aerobik, jogging, maupun treadmil untuk melawan risiko kanker. Melakukan olah raga secara konsisten, mapu meningkatkan vaskularisasi darah ke seluruh tubuh. Mengoptimalkan metabolisme sel dan mengurangi risiko perusakan sel akibat efek radikal bebas yang dapat memicu kanker.
5. Lakukan Pengecekan Rutin
Satu-satunya yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko kematian akibat kanker payudara adalah dengan melakukan deteksi dini. lakukan pengecekan mandiri untuk menemukan ada-tidaknya benjolan di sekitar payudara paling tidak sebulan sekali. Jika ditemukan kejanggalan pada payudara, jangan tunggu untuk berkonsultasi pada dokter.

sekedar sharing info🙂

—-sumber : Tabloid Nova———-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: