ICHA'S WORLD

welcome to icha's blog :)

MISTERI BULAN PURNAMA

pada 26 Desember 2010

Bentuknya yang bulat penuh, terang, sempurna dan juga indah, membuat bulan purnama di sebut sebagai fenomena alam yang cantik. Tapi ternyata di balik keindahannya itu tersimpan sejuta misteri yang seru untuk ditelusuri.

KRIMINALITAS MERAJALELA
Di barat sana, kasus kriminal meningkat pesat saat bulan purnama. Di Inggris sampai ada anggapan bahwa gigitan anjing banyak terjadi di bulan purnama. Karena penasaran Arnold Lieber, seorang psikolog dari University of Miami, melakukan penelitian tentang hal ini. Hasilnya, selama 15 tahun terjadi sekitar 1887 kasus pembunuhan di Miami. Yang mengejutkan, angka tersebut meningkat saat mendekati bulan purnama dan berkurang di hari-hari akhirnya.

SAKIT JIWA DAN PENDARAHAN
Bangsa Babilonia kuno menyebut pasien penyakit jiwa dengan nama lunatike (lunar = bulan dalam bahasa latin). Sampai sekarang, bangsa amerika juga masih memakai istilah ini (lunatic). Percaya atau tidak, banyak dari penderita penyakit jiwa tersebut kambuh dan mengamuk saat bulan purnama tiba. Purnama di percaya bisa membuat orang menjadi tidak tenang, tegang, risau, dan mengkhayal.
Buku kuno dari cina berjudul Shu Wen, Ba Zheng Shen Min Lun juga menegaskan tentang kehebatan si benda angkasa ini. Di buku tersebut di jelaskan bahwa kuat atau lemahnya tubuh manusia, darah, dan energi memang mempunyai hubungan khusus dengan bulan purnama.
Keika bulan purnama tiba, luka memang lebih banyak mengeluarkan darah.

PURNAMA DAN WANITA
Biasanya, dalam sebulan kita punya satu kali masa subur. Tapi, menurut teori Lunar Phase Fertility yang di buat oleh Dr. Eugene Jones tahun 1950an, wanita bisa memiliki masa subur lebih dari satu kali, yaitu saat bulan purnama. Teori ini datang dari kenyataan yang ditemukan bahwa ada seorang pasien yang hamil si saat yang bukan masa suburnya.
Walau di panadang sebelah mata, nyatanya ada fakta yang mengejutkan. Angka kelahiran bayi meningkat di malam bulan purnama.


5 responses to “MISTERI BULAN PURNAMA

  1. Tanpa Bingkai mengatakan:

    blog yang menarik… dan sungguh unik purnama tentang kesuburan wanita ^_^

  2. Sharial Rial mengatakan:

    indahnya………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: