ICHA'S WORLD

welcome to icha's blog :)

“Mie Instan Lezat yang Berbahaya”

pada 2 November 2010

Seminggu belakangan ini, mie instan produk Indonesia merk indomie banyak diperbincangkan masyarakat Indonesia sejak berita penarikan indomie di Taiwan. Indomie dianggap mengandung zat nipagin yang berbahaya bagi kesehatan. Bagaimana dengan mie instan yang beredar di Indonesia ?
Mie instan merupakan makanan yang sudah populer di tengah masyarakat Indonesia. Bagi sebagian masyarakat, mie instan juga merupakan makanan sehari-hari. Apalagi untuk anak kost, demi menghemat biaya mereka memilih makan mie instan. Selain harganya murah, sebungkus mie instan dapat mengenyangkan perut.
Tapi, belakangan terkuak berdasarkan hasil penelitian yang mengungkap bahwa sebagian mie instan, ada yang menggunakan zat nipagin yang berbahaya bagi tubuh. Setelah berita tersebut muncul masyarakat pun mendadak resah dan waswas. Selain nipagin, penggunaan jenis bahan lain juga disebut memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh, misalnya zat pewarna, pengawet, pemanis dan perasa.
Menurut Kepala Bidang Pengawas Obat dan Makanan (POM) Dinas Kesehatan Kota Depok, drg Ani Rubiani, sejumlah bahan makanan dan zat yang terkandung dalam bahan makanan memiliki kandungan yang bisa merusak kesehatan dan hipertensi. Mengkonsumsi makanan instan diperbolehkan tapi makan yang segar dan bergizi tetap lebih diutamakan.. Makanan instan sebaiknya tidak dijadikan sebagai menu utama dan jangan terlalu sering.
Terkait mie instan merk indomie yang diduga berbahan nipagin, masyarakat diharapkan tidak terpengaruh tapi tetap mengatur pengkonsumsiannya agar tidak terlalu sering.
Efek mengkonsumsi nipagin dan zat kimia lainnya secara berlebihan akan mengganggu organ tubuh dan yang paling mudah terserang adalah hati. Jika, makanan zat-zat kimia itu menumpuk dalam tubuh, fungsi hati dapat terganggu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: