ICHA'S WORLD

welcome to icha's blog :)

Tugas Pancasila

pada 20 Oktober 2010

Topik Diskusi :

1. Ada pandangan yang mengatakan bahwa lahirnya pancasila diilhami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Dan ada yang mengatakan bahwa pancasila berakar pada kepribadian bangsa indonesia sendiri. Apakah dari dua pernyataan tersebut tidak saling bertentangan, dan apakah memang pancasila sebagai ideologi gado-gado ?

Kedua pernyataan tersebut tidak saling bertentangan, justru keduanya saling menguatkan. Karena sikap bangsa indonesia yang selalu terbuka terhadap hal-hal baru namun tidak menghilangkan kebudayaan lama. Istilah pancasila sendiri di indonesia sudah di kenal sejak jaman kerajaan majapahit pada abad XIV, yaitu terdapat di dalam buku Nagarakertagama karangan Mpu Pra Panca dan buku Sutasoma karangan Mpu Tantular. Dalam buku Sutasoma istilah pancasila di samping mempunyai arti berbatu sendi yang kelima (dari bahasa sansekerta), juga mempunyai arti pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila Krama), yaitu :
 Tidak boleh melakukan kekerasan
 Tidak boleh mencuri
 Tidak boleh berjiwa dengki
 Tidak boleh berbohong
 Tidak boleh mabuk minuman keras
Pancasila bukan merupakan ideologi gado-gado, karena pancasila merupakan hasil pemikiran bangsa indonesia sendiri, melalui proses perumusan yang cukup panjang dan cukup rumit. Bukan hasil bantuan dari pihak asing.

2. Agama merupakan pandangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari, termasuk hidup berorganisasi. Pancasila juga merupakan pedoman dalam semua segi kehidupan berbangsa dan bernegara indonesia. Apakah itu tidak berarti meng agama kan pancasila ?

Itu tidak berarti meng agama kan pancasila, di sini yang perlu di tekankan adalah pancasila yang didasari keagamaan, “Ketuhanan Yang Maha Esa” pancasila yang didasari ketuhanan. Karena negara indonesia adalah negara yang beragama, yang menyatakan kepercayaan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.
Namun, bukan berarti juga meng agama kan pancasila, pancasila dan agama tetap merupakan suatu hal yang berbeda, namun keduanya tetap saling berhubungan. Pancasila digunakan sebagai penunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di dalam segala bidang, sedangkan agama dan kepercayaan mengatur hubungan seorang manusia dengan tuhan yang maha esa yang dipercayai dan di yakininya. Dalam sila pertama, bisa juga mengandung makna untuk membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: