ICHA'S WORLD

welcome to icha's blog :)

Kedewasaan

pada 20 Oktober 2010

Dewasa, menurut kamus bahasa inggris terbitan Princeton, definisi dewasa adalah di mana pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita secara fisik dan mental sudah mencapai sebuah keutuhan pada tingkatan tertentu. Ciri-ciri dewasa biasanya terlihat dari perubahan fisik kita yang hampir mencapai sempurna. Misalnya, buat kita (cewek) kedewasaan ditandai dengan proses menstruasi, payudara yang membesar, rambut yang tumbuh di daerah ‘khusus’ dan tubuh yang mulai terlihat bentuk dan lekuknya. Sementara buat (cowok), kedewasaan ditandai dengan suara yang berubah, tumbuhnya rambut di daerah ‘khusus’, atau tubuh yang meninggi. Nah, semua ‘gejala’ tersebut adalah tanda kedewasaan dilihat dari segi fisik.
Menurut segi hukum, kita dianggap sudah dewasa jika kita sudah berumur 17 tahun dan memiliki KTP (kartu tanda penduduk). Namun, jika sebelum 17 tahun tapi sudah menikah, itu juga bisa di anggap dewasa. Hal ini membuat kita di akui pemerintah, kita sudah diperbolehkan ikut pemilu.
Tiap tahun, umur kita pasti bertambah, seiring pertambahan umur, kita mendapatkan hak-hak istimewa yang sebelumnya tidak kita dapatkan. Ada orang tua yang menerapkan aturan seorang anak baru boleh membawa teman lawan jenis nya (pacaran) setelah umur 17 tahun. Seorang anak juga berhak mengendarai kendaraan sendiri setelah umur 17 yahun, karena sudah mendapatkan SIM.
Kedewasaan didukung oleh dua faktor, kesiapan fisik dan mental. Kesiapan mental maksudnya adalah bagaimana sikap, karakter, dan tingkah laku kita dalam keseharian, mulai dari hal yang sederhana hingga menyelesaikan masalah yang kompleks. Jadi belum tentu umur 17 tahun kita sudah pasti menjadi seorang yang dewasa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: