ICHA'S WORLD

welcome to icha's blog :)

“WASPADA KANKER PAYUDARA”

pada 20 Oktober 2010

 Apa itu Kanker Payudara ?
Ada dua jenis sel tumor, yaitu sel ganas dan tidak ganas. Sel tumor yang tidak ganas, bentuknya mirip dengan sel tubuh manusia. Pertumbuhannya lambat dan tidak berbahaya karena tidak memakan sel tubuh manusia. Sementara sel tumor yang ganas, disebut sel kanker, dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menyerang sel-sel tubuh kita dan menghabisinya.
Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak, maupun jaringan ikat pada payudara. Hanya 5-10% penderita kanker payudara yang diakibatkan oleh faktor keturunan. 90% lainnya menderita kanker payudara karena pertambahan usia dan gaya hidup.
 Penyebab dan Faktor Resiko
1. Usia. Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia diatas 60 tahun. Resiko terbesar ditemukan pada wanita berusia di atas 75 tahun.
2. Keturunan. Perempuan yang ibu atau saudara perempuannya ada yang menderita kanker, punya resiko 3 kali lebih besar terkena penyakit ini.
3. Faktor genetik dan hormonal
4. Pernah menderita penyakit payudara non kanker
5. Menstruasi sebelum usia 12 tahun, menopause setelah usia 55 tahu, kehamilan pertama setelah usia 30 tahun atau belum pernah hamil.
6. Mengonsumsi minuman beralkohol lebih dari 1-2 gelas perhari
7. Bahan kimia
8. Penyinaran saat memutihkan atau menghitamkan payudara
 Gejala dan Tanda-tandanya
Jika saat memeriksa payudara kita menemukan benjolan yang bisa berpindah-pindah,kita harus waspada. Karena gejala awal kanker payudara adalah benjolan yang tidak menimbulkan rasa nyeri, rasanya berbeda dengan kelenjar lain yang ada di dalam payudar kita, dan biasanya benjolan tersebut memiliki pinggiran yang tidak teratur serta dapat digeser geser.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: